Struktur Bahasa Pemrograman-Pertemuan 3


STRUKTUR DAN ELEMENT BAHASA PEMROGRAMAN

Langkah -langkah sistematis dalam pembuatan program.
1.Mendefinisikan Permasalahan
Yang dimaksud mendefinisikan permasalahan yaitu kita harus mengerti dengan baik mengenai permasalahan apa yang ingin diselesaikan.
Contoh:
a. Permasalahan menghitung luas lingkaran, dengan data yang diketahui adalah diameter lingkaran.
b. Permasalahan menampilkan bilangan dengan kelipatan tertentu dari 0 hingga range tertentu.
2.Membuat Rumusan Untuk Pemecahan Masalah
Setelah kita mengetahui dengan baik mengenai permasalahan yang ingin diselesaikan, langkah selanjutnya yaitu membuat rumusan algoritma untuk memecahkan masalah. Rumusan tersebut dapat disusun dalam bentuk pseudocode ataupun flowchart.
3.Implementasi
Apabila langkah 1 dan 2 belum melibatkan bahasa pemrograman, maka langkah ketiga ini telah mulai melibatkan bahasa pemrograman yang ingin digunakan. Di dalam mengimplementasi algoritma kita akan menentukan bahasa pemrograman apa yang cocok atau ingin kita gunakan. Misalnya Pascal atau Delphi, Basic, dan sebagainya.
4.Menguji Coba dan Membuat Dokumentasi
Setelah selesai implementasi, langkah selanjutnya yaitu menguji program tersebut apakah telah berjalan sesuai dengan tujuannya untuk memberi  solusi dari suatu permasalahan. Apabila program belum berjalan dengan baik, maka kita perlu mengkaji kembali rumusan/algoritma yang telah dibuat pada langkah kedua, serta memperbaiki implementasi program yang mungkin keliru.
Untuk memudahkan dalam memeriksa kesalahan suatu program ataupun memahami jalannya program, kita juga perlu membuat dokumentasi dari program yang dibuat. Dokumentasi tersebut berisi informasi mulai dari tujuan/fungsi program, algoritma program, hingga cara menggunakannya.

Struktur Bahasa Pemrograman Prosedural
Secara Umum, bahasa pemrograman yang berbasiskan prosedur terdiri dari blok/sub program yang memiliki dua bagian utama, yaitu :
1. Bagian Deklarasi.
Bagian program untuk mendefinisikan tipe data suatu variabel, konstanta, serta fungsi dan prosedur yang akan digunakan pada program.
 a.DeklarasiVariabel
 
b. Deklarasi Konstanta
 
c. Deklarasi Tipe Data
 
d. Deklarasi Procedure / Function

    Perbedaan utama antara prosedur dan fungsi yaitu :
- prosedur adalah fungsi yang tidak mengembalikan suatu nilai
- fungsi adalah prosedur yang mengembalikan nilai
2. Bagian Statement
Statement merupakan bagian program yang berisi perintah  yang akan dieksekusi/dijalankan. Karena itu, statement-statement ini menentukan bagaimana jalannya program dan bagaimana suatu nilai variable dimanipulasi/berubah.