Struktur Bahasa Pemrograman-Pertemuan 4

ELEMENT-ELEMENT PADA BAHASA PEMROGRAMAN LANJUT

Berikut adalah element-element pada bahasa pemrograman :
1.     Aturan Leksikal
yaitu aturan yang digunakan dalam membentuk suatu deklarasi, definisi, maupun statement hingga menjadi satu program yang utuh. 
    Aturan ini meliputi beberapa element antara lain:
    a. Token
    b. Komentar
    c. Identifier
    d. Keywords (Reserved Words)
    e. Operator
2.      Tipe Data
Ø  Tipe Data Sederhana
 Digunakan untuk menentukan jenis nilai yang dapat ditampung oleh suatu variabel.
Ø  Tipe Data Terstruktur yaitu tipe data yang dapat menampung lebih dari satu nilai, yang termasuk dalam tipe data terstruktur adalah array dan record (pascal) atau struct (Bahasa C).
3.      Expression
Suatu pernyataan yang menghasilkan suatu nilai. Expression tersusun dari operator dan operand yang digunakan untuk menghitung atau memberi suatu nilai suatu variabel atau identifier. Expression yang paling sederhana yaitu nama variabel. yang paling kompleks akan melibatkan operator-operator.
    Contoh : A          -> hanya berupa nama variabel
                 A+3 * 2 -> expression menggunakan operator
4.     Statement
Statement merupakan bagian program yang berisi perintah yang akan dieksekusi/dijalankan. Statement dapat dikelompokan menjadi antara lain:
    1. Simple Statement
    2. Compound Statement
    3. Selection Statement
    4. Iteration Statement
5.     Function dan Procedure
 Procedure dan Function disebut juga subroutine, merupakan blok statement yang dapat dipanggil dari lokasi yang berbeda di dalam program. Yang membedakan antara function dan procedure yaitu : suatu function jika dijalankan/dipanggil akan mengembalikan suatu nilai. Ketika procedure atau function dipanggil, kita dapat melewatkan suatu nilai ke dalam function atau procedure tersebut. Nilai yang dilewatkan disebut juga argument atau parameter.
Ada dua cara melewatkan nilai, yaitu:
1.     Passing by Value (Dilewatkan secara nilai)
Jika di dalam procedure atau function dilakukan perubahan nilai parameter yang dilewatkan secara nilai, maka nilai parameter yang sebenarnya tidak ikut berubah, hal ini dikarenakan parameter yang dilewatkan secara nilai akan dicopy sebagai nilai local di procedure/function yang bersangkutan.

2.      Passing by Reference
Jika di dalam procedure atau function dilakukan perubahan nilai parameter yang dilewatkan secara reference, maka nilai parameter yang sebenarnya juga akan berubah.